Selasa, 21 Juli 2015

Analisis - Audience Komunikasi Massa





Hubungan Komunikasi massa dengan audience berdasar prespektif sosiologi

Oleh: Aji Muhammad Said
Sumber ilustrasi gambar: http://www.onlinebajucouple.com/wp-content/uploads/2014/06/Pengertian-Jual-Beli-Online.jpg

1. Situs web Jual-beli online “toko bagus” yang di pengaruh media massa online, mempengaruh kegiatan jual-beli barang maupun jasa yang ada di masyarakat.
Analisis : Pada fenomena sosial ini media massa dalam masyarakat tidak menutup peluang pertukaran baik pertukaran sosial, ekonomi secara bersamaan. Fenomena ini juga menjelaskan tentang teori komunikasi kotemporer yaitu teori Norma-norma Budaya. Teori Norma-norma Budaya menjelaskan bahwa cara-cara media massa mempengaruhi perilaku sebagai suatu produk budaya. Dalam hal ini yang terjadi adalah media massa online mempengaruhi perilaku jual beli online pada masyarakat, melalui situs seperti (tokobagus.com), yang kemudian menjadi sebuah budaya baru dan tempat besosialisasi yang ada di masayarakat. Dalam perspektif sosiologi ini juga berkaitan dengan Teori pertukaran sosial, menggambarkan tentang paradigma perilaku sosial.

2. Kampanye yang dilakukan partai politik di indonesia untuk menarik simpati dan suara masyarakat.
Analisis : Pada fenomena ini media massa dengan informasi yang dibawanya dapat mengilhami fikiran anggota masyarakat untuk bersikap dan bertindak tertentu terhadap kejadian atau fenomena. Pada fenomena ini terjadi perbedaan pandangan antar individu dalam memandang adanya kampanye, hal ini terkait juga teori kotemporer yaitu teori perbedaan sosial. Masing –masing individu ada yang menggagap partai politik melakukan kampanye, ditujukan memamng benar-benar untuk menarik simpati masyarakat, dan ada pula yang menganggapnya sebagai seusatu yang menganggu ketertiban berlalu lintas, hal ini juga berdasarkan perbedaan psikologis antar individunya. Dalam prespektif sosiologis ini juga masuk dalam teori pertukaran sosial yang menjelaskan tentang paradigma perilaku sosial.

3. Banyak perempuan yang menggunakan motor sport hal ini dipengaruhi oleh adanya film dan media massa yang membawa nilai-nilai sosial budaya, sehingga mengakibatkan memudarnya perbedaan dan pandangan persepsi tentang gender.
Analisi : Media massa dengan informasi yang dibawanya dapat mengilhami fikiran anggota masyarakat untuk bersikap dan bertindak tertentu terhadap kejadian atau fenomena. Pada fenomena ini terjadi bagaimana media massa mempengaruhi sikap dan tindakan masyarakat terkait peran setatus gender yang menjadi pembeda, pada zaman sekarang ini media massa membawa perubahan nilai-nilai sosial budaya melalui pesan-pesan yang dibawa, misalnya saja melalui sebuah film yang menceritakan action yang menampilkan sosok wanita yang dapat mengendarai sepeda motor sport ber-cc besar. Pada kehidupan sehari-hari di indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini sanggatlah jarang yang menggunakan motor sport besar, namun akibat adanya film sebagai media komunikasi yang membawa nilai-nilai budaya, membawa perubahan yang besar yaitu perubahan nilai dan norma sosial, dimana wanita indonesia, sekarang ini sudah dapat  mengendarai motor sport ber-cc besar dan dapat ditemui di jalan raya.
Dari adanya fenomena tersebut, dapat kita lihat bahwa media massa dapat menciptakan iklim atau kondisi di dalam masyarakat yang dapat menunjang modernisasi, dikarenakan berkuranganya pembedaan dan pandang bahwa hanya laki-laki saja yang menggunkan motor ber-cc besar (perbedaan gender).



*Apabila mengutip tulisan ini, mohon sertakan sumber yang lengkap dari penulis, dan gunakan pengutipan yang baik dan benar, terima kasih.

Tidak ada komentar: