CB Spesial Superjik-01
oleh; Aji Muhammad Said
dok pribadi. CB Sembrani custom 2020
Alkisah sebuah motor yang mulai saya bangun dengan kerja keras, harapan, dan doa pada periode masa kuliah di Jogjakarta. Sebuah sepeda motor GL-Pro Series 160 CC berwarna hitam yang saya beli di Wonosobo dengan salah satu makelar motor. Motor ini merupakan motor yang saya beli dengan mengumpulkan tabungan dan sempat berhutang dengan orang tua. Motor yang kala itu belum tenar, dan menjadi primadona banyak orang, sebuah angan-angan sederhana di mana saya menginginkan kendaraan multifungsi yang sifatnya custom ubahan berpenampilan Honda CB. Nuansa klasik ingin saya cari bersamaan dengan nuansa modern dengan mengupgrade beberapa part.
Motor ini mulai berganti nama sesuai periodesasinya. Banyak pengalaman, pengetahuan, dan pelajaran yang mengartikan sebuah nama menjadi penting, karena beberapa hal melekat pada pemilik sepeda motor ini. Nama yang pertama sendari awal CB ini, saya berinama Monalisabeth, karena terinspirasi oleh karakter monalisa yang ada di mancanegara, dan sosok karakter wanita cantik yang menjadi idaman, namun seiring berjalan waktu unsur klasik saya rasa tidak cocok dengan motor ini, hinggalah berubah nama menjai Kyai Cemengroksa Anoman, di mana namanya saya angkat dari tokoh wayang anoman dan mengingat senjata maupun kendaraan leluhur zaman dahulu senantiasa menggunakan nama kyai, sedangkan cemeng berarti hitam, sedangkan roksa berarti kuat. Seiring saya merubah-rubah motor ini saya kepikiran nama yang sederhana dan bisa disingkat, munculah singkatan dengan menambahkan inisial saya yakni CB Sembrani Spesial Superjik 01, yang memiliki arti bahwa sembrani berangkat dari nama kuda terbang pegasus dalam mitologi jawa, spesial karena motor ini spesial bagi saya, Superjik ini nama samaran saya, 01 menjadi nomor urut dari tunggangan yang saya miliki. Namun biar mudah saya panggil jadi CB Sembrani, ibarat kata tetap kuat seperti kuda Sembrani, namun mempesona seperti bidadari.
Saya mulai belajar tentang dunia otomotif dari motor yang saya incar ini. Banyak referensi yang muncul dengan bersamaan bomingnya media sosial seperti Instagram maupun Facebook, hasrat untuk membangun sebuah motor pun muncul. Survey beberapa lokasi tempat onderdil bekas, pasar loak (klitikan, jejeran, pasar pahing, pasar senthir yang ada di Yogyakarta) pun saya buru guna saya pasang di motor ini.Tidak luput juga pengawasan beberapa bengkel yang menjual spare part otomotif saya cari guna menemukan tempat yang menjangkau secara budget untuk membangun motor ini.
Tidak ketinggalan beberapa event rakyat yang berkaitan dengan keluarga honda (CB,GL, MP, Tiger, C-Series) saya ikuti untuk menambah eforia menikmati bagaimana rangkaian sepeda motor ini dalam seduluran, berteman, hingga mencari ajang berbagi dan bersilaturohmi, selain juga dangdutannya. Banyak event yang baru saya ketahui dan menjadi buah pemahaman yang memiliki sekala sendiri-sendiri, dari JAMNAS, JAMDA, TRIWULAN, SEWINDU, HUT, ANIVERSARY, dan masih banyak lagi yang saya jelajahi.
Banyak pelajaran berharga yang saya dapat dari motor ini, namun 1 prinsip yang paling berkesan bahwa "wong seneng kui larang regane" bahwa orang senang itu mahal harganya, menikmati otomotif sama halnya menyelami hoby, bahwa dalam membangun motor ini ada transaksi yang terjadi, ada tenaga yang dikeluarkan, sampai pada hal-hal yang dikorbankan. Semua itu serasa mengkonsep menjadi satu dalam berpikir menuangkan ide-ide, namun kadang ada beberapa 1 hingga 2 dua hal yang tidak pas dengan keinginan kita. Ada hal yang membuat kita tidak pernah puas, ya memang sudah menjadi naluri harfiah bahwa manusia itu tidak ada yang merasa puasa akan banyak hal, hingga akhirnya dirinya sendiri merasa cukup.
Pembelajaran yang utama dari motor ini adalah bahwa dalam membangunnya ada part yang cocok dan ada part yang tidak cocok ketika dirangkai menjadi satu, sehingga perlu ide-ide kreatif untuk menyamakan dengan mekanik yang kita percayai, hingga salah-salah konsep atau ide kita tidak bisa tersampaikan, tapi itu bukan masalah, karena bergantung bagaimana kita menyampaikannya dan mempercayai langkah untuk membangun kedepan. Salah satu korban yang menjadi fakta adalah ketika kita tidak tepat dalam membeli spare part, solusi yang dilakukan kita jual lagi ke forum jual beli online atau kita simpan sebagai rongksokan. berikut beberapa part yang tidak terpakai, dalam proses iklan jual, hingga menggendap menjadi rongsokan.
Berlanjut lagi pada part yang menjadi primadona, kesan primadona disini saya tujukan pada part yang memang saya anggap berharga karena juga menjadi poin penting motor ini. Banyak yang beranggapan bahwa part ori merupakan part yang layak dan berkualitas ketika dipasang di sebuah motor. Saya tambahkan part ori yang ghaib sifatnya langka yang saya kira menjadi layak selain awet dan mempesona. Part tersebut contohnya adalah kenalpot ori kleper HM KEG yang melekat pada motor GL-PRO ubahan CB saya ini, kemudian ada Tutup Noken As yang memiliki julukan istimewa yakni "Wadah Sabun" yang berbentuk seperti wadah sabun, terpasang pada motor saya ini. Berikut penampakannya;
Kaitannya beberapa sparepart motor, tentunya motor ini bukan merupakan motor kontes, melainkan motor yang memiliki konsep dailyuse/motor harian. Sehingga untuk menunjang aktivitas sehari-hari perlu upgrade beberapa sektor agar enak digunakan, fugsional, dan tentu saja enak dilihat. Sudah telihat secara sekilas motor ini merupakan motor teyeng yang berarti motor berkarat. Namun walaupun demikian saya sebagai pemiliknya menikmatinya sebagai sebuah motor yang saya modif dengan konsep dan ide yang saya tuangkan, sama halnya seperti karya seni, motor ini pun sama, memiliki seni estetika sesuai hasrat dang keinginan creatornya. Adapun beberapa aspek yang saya upgrade, mulai dari mesin saya jadikan double sateter, sehingga tidak perlu pakai engkol dalam menghidupkannya, Jog saya ubah untuk jog yang anti ngembos, lalu untuk klakson saya pakai klakson mobil hella agar beda dari yang lain.
Periodesasi ubahannya pun cukup rumit, dari mengubah body GL-PRO Series Kotak menjadi CB sederhana, kemudian berubah lagi menjadi sepeda herex dimana shock depan tinggi menjulang seperti tower, hingga menjadi seperti sekarang CB begel panjang, yang banyak dikenal dengan CB ala ngajukan istilahnya. Namun semua itu merupakan sebuah proses, memang bisa keluar uang banyak yang tidak terasa, namun setidaknya motor bisa jalan tampilan lumayan, dan berproses untuk lebih baik lagi. Berikut tampilan ubahan-ubahannya.
Tahun 2015 tampilan ubahan awal, ban masih pakai ring 18' mesin belum beres.
Tahun 2016 mulai merubah tampilan dengan upgrade shock YSS, ban ring 17, dan knalpot Tirev Imi.
Tahun 2017 mulai berbenah lagi shock dipanjangkan dengan sambungan, slebor ganti cb 125, mesin ganti seher, kenalpot dikembalikan klepernya.
Tahun 2018 jadi sepeda herex terbang, tangki bocor membuat rumit segalanya, ganti tangki kudusan yang saya pasrahkan finishing poxy dan cat malah tidak beres, alhasil daleman berkarat, saya akali dengan resin tidak pas resin mengendap, ditambah karbu rembes dan bocor, mengakibatkan kudu ganti tangki lagi.
Tahun 2020 saya mulai memberanikan diri untuk membangun awal motor ini lagi. Ibarat kata sebuah komputer saya reset ulang untuk penataan bodynya, hingga pembenahan sektor listrik dan lain sebagainya.
hingga jadilah seperti ini, untuk lanjutannya kemungkinan masih berproses untuk terus saya benahi, dan semuanya memang butuh proses dan kesabaran.
Spek CB Sembrani;
Slebor depan ninja : 55
Tromol set cakram tiger
kaliper tiger set handle : 200
Stang cb 150r : 80
Handle kopling klx : 75
Holder kiri old vixion : 70
Gas spontan daytona : 60
Karbu pe 28 scarlet set manipol : 300
Tangki pres cb solo : 400
Jog anti gembos : 175
Footstep vega : 75
Arm set kaze impor : 230
Sein lampu set depan belakang : 24
Gear set belakang : 55
Slebor cb 125 treestar 528: 180
Lampu set dudukan : 135
Begel panjang set manisan : 120
Sambungan buntut CB : 180
Wadah aki : 25
Dudukan plat : 15
Klakson hella sedan : 225
Rantai : 40
Shok YSS 320 : 390
Sepido : 45
Stopkontak : 85
Dudukan kontak : 35
Kran tilam : 60
Amblem tangki : 20
Kran tiger : 60
Ban Mizzel Power tread depan belakang dalam +luar 160: 330
Velg sepasang : 60
Stbilizer stang : 25
Kotak Sabun : 252
Kabel body 150
Kiprok 150
Kunci kontak 50
Balik nama CB : 600
Set tata rangka+double stater: 2520
Basic gl-series neotek 1997: 5500
*Apabila mengutip tulisan ini, mohon sertakan sumber yang lengkap dari penulis, dan gunakan pengutipan yang baik dan benar, terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar